-->

PC Gaming Budget Terbatas? Berikut Panduan Merakitnya

Merakit PC Gaming dengan Budget Terbatas - Sebagian orang merakit PC Gaming untuk mencari uang dan juga sebagai hobi. Tapi gimana jika mau ngerakit PC gaming budgetnya terbatas? Bagi kamu yang punya budget terbatas masih ada harapan kok punya setup PC gaming bagus. Dalam artikel ini kami akan berikan panduan serta tips untuk ngerakit PC gaming impianmu dengan budget terbatas.
 
cara rakit pc gaming


Merakit PC Gaming Budget Terbatas

1. Menentukan Budget (Budgeting)

Tentu saja hal pertama sebelum belanja komponen PC gaming, menentukan budget adalah hal pertama yang harus dilakukan. Jika sudah menghitung berapa budget yang harus kamu alokasikan untuk PC gaming, kamu bisa membuat keputusan terbaik dengan membeli komponen komputer yang sesuai. 

2. Prioritaskan Komponen Utama

Membangun sebuah PC gaming itu tak hanya membeli komponen yang full spek saja, melainkan juga penting dalam memprioritaskan komponen yang sangat berpengaruh dalam performa PC. Komponen tersebut wajib kamu punya terlebih dahulu seperti: 

Processor (CPU) yang merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi menerima lalu melaksanakan perintah dari data software. Spek PC gaming rakitan yang biasa dijual di toko online adalah Processor i3 10105F dengan RAM 16 GB dan SSD 500 GB.

Kartu Grafis (GPU) ini yang berperan penting karena bisa membuat bermain game lancar dan gambarnya bagus (Nvidia GeForce GTX 1650 sudah cukup kok untuk pc gaming budget terbatas)
RAM menjadi hal penting dalam pc gaming, makin besar RAM makin bagus. Rekomendasi kami pakai Dual Channel RAM dan besarnya RAM sesuai kebutuhanmu ya.

Storage ini ada dua jenis yaitu HDD dan SSD. Karena disini kita bahas PC Gaming budget terbatas pakailah SSD 500 GB untuk berjalannya booting dan HDD 1TB untuk penyimpanan data dsb. 
Power Supply (PSU) ini banyak sekali jenisnya tapi juga menyesuaikan listrik dirumah pakai yang berapa watt. Saran kami pakailah PSU yang 650W.

3. Pilihan Komponen Budget-Friendly

a. Processor (CPU)

Pilihan kembali ada di kamu, tapi saran kami karena merakit PC gaming budget terbatas pakailah Processor Ryzen 3 dari AMD atau Intel Core i3 generasi paling baru. 

b. Kartu Grafis (GPU)

Untuk GPU sendiri sebenarnya sesuai kebutuhanmu tapi kita rekomendasikan yang memang harganya murah seperti Nvidia GeForce GTX 1650 dan AMD Radeon RX 560. Kamu bisa memilih salah satunya spesifikasi nya sendiri karena dari keduanya sudah bisa untuk gaming 1080p. 

c. RAM

Makin besar RAM makin bagus, karena pemrosesan baik data dan visual lebih cepat. 8GB sendiri cukup kok tapi mengingat game sekarang berat-berat kami sarankan pakai RAM Dual Channel alias dua keping ram 8GB. 

d. Storage

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pakailah SSD untuk booting komputer dan HDD untuk penyimpanan datanya. Ini bisa menghemat budgetmu. 

e. Power Supply (PSU)

Pastikan PSU yang kamu pilih memiliki daya yang cukup untuk menyokong seluruh komponen. Pilih PSU dari produsen terpercaya untuk keandalan yang lebih baik. Semua rakitan PC gaming tersebut kamu hitung berapa semua watt nya agar tak salah memilih Power Supply.

650W merupakan standar karena seringkali orang lupa menghitung daya monitor. Kamu juga bisa membeli Power Supply dari produsen terpercaya MSI dan Imperion yang paling sering digunakan banyak orang. 

4. Komponen Tambahan

Ini yang biasa sering bikin bingung oleh perakit PC sendiri dirumah, pakai casing apa ya? Pendingin CPU yang bagus apa ya? Motherboard harus pakai MSI biar awet ya? Ini semua kembali ke preferensi masing-masing, tapi perhatikan untuk memilih komponen sesuai dengan budgetmu tanpa harus mengorbankan kualitas. Rekomendasi kami sebagai berikut: 

Casing: AeroCool Bolt dan Armaggeddon Nimitz N5 yang sama-sama mendukung 6 kipas RGB (kisaran harganya Rp350-450ribuan).

Pendingin CPU: ARCTIC Freezer 34 Esports Duo dan Thermalright Peerless Assassin 120 SE CPU Cooler (kisaran harganya Rp650-700ribuan).
Motherboard: MSI B560M-A PRO (kisaran harga Rp1,6 sampai 2 juta).

5. Memilih PC Rakitan

Bagi kamu yang tak paham tentang komponen komputer bisa membeli PC gaming rakitan. Spesifikasinya sendiri bisa kamu request sesuai dengan kebutuhan gaming dan budget yang kamu punya. 

Kesimpulan

Mempunyai PC Gaming hampir impian semua orang, tapi tak semua orang mampu mempunyai PC gaming dengan spesifikasi gahar. Jika budgetmu terbatas perbanyaklah riset untuk membeli komponen-komponen yang dibutuhkan dengan budget yang sesuai.

Ingatlah untuk selalu membandingkan harga dan selalu melakukan riset sebelum memutuskan untuk membelinya.

0 Response to "PC Gaming Budget Terbatas? Berikut Panduan Merakitnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel