-->

Menu Baru di PMM Untuk Kandidat Peserta PPG Daljab 2024

Akhir-akhir ini baru saja rilis kabar gembira dari Kemendikbudristek buat para calon peserta PPG dalam jabatan tahun 2024. Kabar gembira ini terkait dengan adanya menu baru di PMM untuk kandidat PPG Daljab 2024. Yang mana jika calon peserta masuk ke akun Merdeka Mengajar, di bagian bawah menu Pelatihan Mandiri kalian bisa menemukan menu baru yaitu LMS (Learning Management System).

Menu baru yang ada di PMM ini ada kaitannya dengan informasi yang beberapa waktu lalu pernah di sampaikan oleh prof Nunuk tentang kriteria yang di utamakan di PPG Daljab 2024 serta berapa besar kuota yang di sediakan pemerintah. Di PPG tahun ini tidak ada batasan kriteria dan kuota, jadinya kalian yang sudah memenuhi syarat bisa di pastikan akan langsung di panggil untuk ikut PPG Daljab 2024.

Menu LMS di PMM Untuk E-Learning Peserta PPG Daljab 2024

Jika di tahun lalu perserta PPG mencapai sekitar 40.000 peserta, maka di tahun ini kuotanya melonjak menjadi berkali-kali lipat yaitu sekitar 800.000 sampai 1.200.000 kuota yang nantinya akan di sesuaikan dengan kemampuan IT dari LMS. Karena nantinya untuk PPG Dalam Jabatan di tahun ini memang akan menggunakan platform Merdeka Mengajar atau PMM.

Menu baru LMS ini akan menjadi wadah buat para peserta untuk belajar mandiri atau E-Learning dan mempelajari sebanyak 3 modul yang sudah di tentukan. Maka dari itu syarat utama untuk guru calon peserta PPG adalah kalian yang punya kemampuan IT, supaya bisa melakukan E-Learning dengan baik.

Sebagaimana yang kita tahu kalau beban ajar PPG daljab sebanyak 36 SKS, dan untuk guru reguler akan mendapatkan 27 SKS. Yang artinya 9 SKS sisanya yang akan di gunakan untuk belajar mandiri melalui PMM, yang mana durasi belajarnya bisa kalian sesuaikan dengan kemampuan masing masing. Kalian bisa menyelesaikan proses belajar ini dalam waktu 1 bulan, 2 bulan dan maksimal 4 bulan.

Lalu buat guru PGP atau PLPG akan mendapatkan 36 SKS yang artinya jika mengikuti PPG hanya perlu melakukan UKMPPG. Lalu siapa saja yang bisa menggunakan LMS ini? Tidak semua pengguna PMM bisa mengakses LMS. Mereka yang punya akses ke LMS adalah mereka yang terdaftar sebagai peserta program pelatihan atau pendidikan gtk Kemdikbud dan pastinya sudah memiliki akun belajar ID.

Fungsi LMS Untuk Calon Peserta PPG Daljab 2024

Walaupun LMS sebagai menu baru di PMM ini di tujukan untuk para peserta PPG Daljab, tapi perlu di kalian tahu kalau LMS bukan penentu kandidat PPG Daljab 2024. Jadi yang perlu kalian lakukan sekarang adalah memperbaiki Dapodik biar bisa terpanggil PPG.

Kemudian jika sudah terpanggil, otomatis saat melakukan pendidikan PPG semua tugas yang ada dikerjakan via LMS. Bisa di bilang di PPG Daljab 2024 menu LMS ini punya fungsi sebagai berikut

  1. Pelatihan Calon Peserta: Calon peserta PPG bisa mengikuti pelatihan yang di sediakan pemerintah melalui menu LMS. Seperti pelatihan Peningkatan Kompetensi Kelompok (PKK) dan lainnya
  2. Media Akses Materi Belajar: Di menu ini calon peserta juga bisa mengakses banyak modul ajar, bahan presentasi, atau video pembelajaran untuk menambah kegiatan mengajar
  3.  Media Pengembangan Diri: LMS juga bisa di pakai buat mengembangkan diri, misalnya dengan mengikuti kursus atau program lain yang ada di sana

Intinya, LMS menjadi wadah bagi calon peserta PPG untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya sehingga bisa mengajar dengan lebih baik.

Itulah dia informasi yang bisa kami sampaikan terkait menu LMS yang jadi menu baru di PMM untuk para peserta PPG Daljab tahun 2024. Semoga semua informasi di atas bisa membantu kalian semua, ya!

0 Response to "Menu Baru di PMM Untuk Kandidat Peserta PPG Daljab 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel