-->

Sejarah Android dari Ditolak Nokia Hingga Dibeli Google

Apabila Kamu penasaran dengan bagaimana Sejarah Android merajai sebagai sistem operasi smartphone. Kamu tepat sekali pada artikel mengulas tentang bagaimana sejarah berdirinya sistem operasi android.

Hampir seluruh kemudahan yang kita dapatkan hari ini merupakan hasil kerja keras dari seseorang yang sangat jenius di masa lalu.

Di era sekarang, kita dengan begitu mudahnya mendapatkan berbagai informasi. Setiap harinya, berbagai kejadian, berita, gosip bahkan promosi online shop terbaru pun langsung masuk ke ponsel kita.

Dari sekian banyak ponsel yang telah beredar, kita tentu tidak asing dengan sistem operasi android. Bahkan saat ini, android merupakan produk unggulan yang digunakan oleh vendor-vendor ponsel papan atas dunia.
sejarah os android

Sejarah Android dari Awal Sampai Sekarang

Android diciptakan oleh seseorang bernama Andy Rubin. Dia lahir di kota California Amerika serikat. Sejak kecil, Andy Rubin sangat tertarik pada dunia teknologi dan digital, terlebih ayahnya dulu memiliki usaha yang bergerak di bidang elektronik, khususnya pada produk kamera.

Jangan salah loh, Andy Rubin pernah bekerja untuk perusahaan besar besutan Steve Jobs yaitu Apple, dia bekerja pada tahun 1989 sampai dengan 1992 di perusahaan tersebut, kemampuannya mulai terlihat dan terus berkembang.

Ada hal unik tentang Andy Rubin.ketika dia bekerja di Apple. Dia sangat fanatik dengan robot, karena hobinya tersebut dia dijuluki andorid oleh rekan kerjanya, hal inilah yang menjadi cikal bakal dari nama Android.

Akhirnya pada Oktober 2003, Andry Rubin bersama 3 rekannya mendirikan perusahaan bernama Android Inc. Kala itu para pendirinya bercita-cita membuat sistem operasi pintar yang dikhususkan untuk kamera digital.

Setidaknya cita-cita itu tetap dibawa ketika mereka menawarkan produk ini kepada para investor di tahun 2004.

Tidak lama kemudian, Android memutuskan bahwa pasar untuk kamera saja tidak cukup besar, sehingga Andy Rudin mengalihkan usahanya dan meluncurkan Android sebagai sistem operasi sebuah ponsel.

Pada saat itu, Andy Rubin tidak mendapatkan investor yang mau membiayai pengembangan Android. Karena wajar, symbian nya Nokia dan Windows Phone nya microsoft saat itu masih merajai sistem operasi di ponsel-ponsel.

Beruntung, seseorang bernama Steve Perlman membantunya dengan memberikan uang tunai sebesar 10.000 Dollar Amerika. Uniknya Perlman kala itu menolak dianggap sebagai investor, dia mengatakan bahwa apa yang dilakukannya murni utk membantu sahabat baiknya tersebut.

Walaupun mendapatkan 10 ribu dollar Amerika tadi, tak banyak yang bisa dilakukan Android kala itu sampai pada akhirnya pertengahan tahun 2005 Google mengakuisisi perusahaan ini senilai 50 juta Dollar Amerika.

Walaupun telah diakuisisi google ternyata CEO Google saat itu Eric Smith memberikan keluluasaan penuh kepada Andy Rubin untuk mengembangkan perusahaan Andoroid.

Ketika dirasa wujud android ini mulai terlihat. Pada akhir tahun 2006 hingga pertengahan tahun 2007, Google sibuk mencari rekan bisnis terutama para vendor ponsel yang mau menggunakan sistem operasi Andorid.

Kisahnya menjadi sedih waktu itu tidak ada yang tertarik bermitra dengan google lebih dari sekedar penolakan, android bahkan diremehkan oleh para pesaing mereka. Sebut saja Microsoft dan raksasa ponsel saat itu Nokia.

Bahkan, petinggi nokia saat itu mengatakan bahwa suatu hal yang mustahil bagi perusahaannya mengadopsi Android.

Android diibaratkan seperti seorang anak laki-laki yang sedang belajar buang air kecil agar badannya hangat di musim dingin. Banyak orang yang menganggap android hanyalah proyek jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan sesaat.

Mental baja dan semangat yang sangat besar dari seorang Andy rubin dan tim kala itu, membuat andorid tidak bergeming dengan segala ejekan.

HP Android Pertama di Dunia

Sampai pada akhirnya, OS Android diterima oleh HTC dan kemudian merilis produk ponsel dengan OS Andorid pertama, yaitu HTC G1. Namun sayang, produk ini tidak begitu populer nyaris tak langsung diterima oleh masyarakat.

Andy Rubin bersama tim pun berbenah. Mereka mecari apa yang kurang, mereka memperbaiki bug-bug yang mengganggu.

Pada akhirnya, OS Andorid kemudian banyak diminati, hal ini karena adanya niatan para vendor papan atas saat itu sebut saja Samsung, Motorola, HTC dan Sony yang ingin menggeser singgasana iphone, nokia, blackberry dan windows phone sebagai raja ponsel dunia waktu itu.

Vendor-vendor yang memakai android semakin hari semakin baik, terobosan mereka selalu ditunggu  oleh pemburu teknologi. Hal inilah yang membuat android terus berkembang setiap tahunnya, dari yang sebelumnya diremehkan, saat ini menjadi sangat disegani.

Tidak heran, siapa saja yang lambat untuk berinovasi maka akan jatuh, bahkan matisuri, sebut saja windows phone, nokia symbian dan blackberry yang satu per satu mulai hilang dari peredaran.

Perusahaan ini terus berinovasi, namun sayangnya pada tahun 2013, kebersamaan antara Android dan pendirinya, Pak Andy Rubin harus berakhir.

Dia mundur dan memilih mencari tantangan baru dengan membangun Esential Inc di awal tahun 2014. Sampai dengan hari ini Andorid telah mengeluarkan 11 versi sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008.

1 Response to "Sejarah Android dari Ditolak Nokia Hingga Dibeli Google"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel