-->

Kemenag Resmi Buka Kuota PPPK 2024, Inilah Rincian Formasinya!

Kali ini ada kabar gembira bagi sahabat-sahabat non ASN di bawah Kementerian Agama tahun 2024. Informasi kali ini terkait dengan formasi resmi untuk Non ASN Kemenag di PPPK 2024 maupun CPNS tahun 2024. Memangnya apa sih kabar gembira  ini?

Abdulah Azwar Anas selaku Menpan RB telah memberikan izin formasi PPPK kementerian agama kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas pada hari Senin awal bulan empat lalu. Dimana izin ini terkait dengan rincian formasi kuota untuk pelamar PPPK di tahun 2024.

Jumlah Formasi Kuota PPPK Kemenag 2024

Menpan RB sudah menyerahkan izin formasi 110.553 calon ASN di lingkungan Kementerian Agama atau Kemenag. Formasi ini terdiri dari 20.717 CPNS dan 89.781 PPPK sehingga tercatat sebagai formasi terbesar sepanjang sejarah.

Sesudah melihat berbagai terobosan program serta penataan SDM dan kelembagaan yang sudah dilakukan Kemenag, Menpan RB akhirnya setujui formasi 110.553 yang di ajukan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Anas mengatakan Kemenpan RB dan Kemenag telah membahas jumlah formasi seperti untuk guru madrasah, guru sekolah menengah teologi Kristen, sekolah menengah atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, hingga penghulu.

Sekarang ini jumlah formasi yang mencapai puluhan ribu ini sedang didetailkan oleh Kemenag, selain itu sudah di siapkan pula ribuan formasi masing-masing untuk penyuluh agama dan penghulu. Serta ribuan formasi untuk dosen di kampus keagamaan, dengan tujuan mendukung komitmen negara dalam mendukung pendidikan keagamaan masyarakat Indonesia.

Anas memaparkan berbagai formasi di lingkungan Kemenag memiliki peran penting dalam memberikan wawasan misalnya penghulu bisa menekankan soal penanganan stunting ke calon pengantin. Kemudian penyuluh agama tentu bisa terus Intens mendorong moderasi beragama.

Pengusulan kebutuhan formasi ASN dengan jumlah ini disebabkan oleh beberapa pertimbangan, seperti banyaknya ASN Kemenag yang memasuki usia pensiun, pemekaran wilayah, hingga alih status penegerian sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan Kemenag.

Syarat Pendaftaran PPPK Kemenag 2024

Dengan banyaknya formasi yang telah di sediakan Kemenag, tentunya ini menjadi peluang besar bagi para honorer untuk melamar PPPK. Untuk pendaftarannya ini ada beberapa syarat yang perlu di penuhi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kartu Keluarga
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau surat keterangan lain yang menunjukkan identitas sebagai Warga Negara Indonesia
  • Pas Foto
  • Swafoto
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Lampiran dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar

Tahapan Seleksi PPPK Kemenag 2024

Tahun 2024 ini akan menandai periode penting bagi banyak calon ASN yang akan melamar PPPK, khususnya di Kemenag (Kementerian Agama). Adanya jumlah formasi yang cukup besar ini pasti bisa menjadi peluang para anak muda untuk mengawali karirnya.

Tapi sebelum mendaftar PPPK 2024, kalian juga perlu tahu nih apa saja tahapan seleksi yang nantinya harus di lalui. Seleksi kali ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu:

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Dengan besarnya jumlah formasi yang telah di sediakan oleh Kemenag tentu menjadi kesempatan besar buat kalian yang sudah lama menunggu waktu untuk di angkat jadi PPPK. Melalui persiapan yang matang serta pemahaman yang baik tentang proses pendaftaran, serta rincian formasi yang tersedia kalian pasti bisa meningkatkan peluang untuk menjadi bagian dari Kemenag di tahun 2024 ini.

0 Response to " Kemenag Resmi Buka Kuota PPPK 2024, Inilah Rincian Formasinya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel